Follow Us
Beranda / Artikel / Perbuatan yang tak Diharapkan di Bulan Ramadhan

Perbuatan yang tak Diharapkan di Bulan Ramadhan

Reporter: Mukmin
  | Selasa, 13 Juni 2017 23:43 WIB

Dalam sebuah hadits diriwayatkan suatu ketika, ada seorang wanita muda yang marah-marah terhadap budaknya. Padahal, saat itu dalam bulan Ramadhan dan wanita itu berpuasa. Tak diduga nabi lewat di depan wanita itu sambil menyaksikan kejadian tersebut.


Karena melihat suatu kejadian yang tak lazim dilakukan apalagi di bulan Ramadhan, maka Rasulullah menghampiri wanita itu dan mengambil sebagian makanan untuk diberikan kepada wanita tersebut sambil berkata, "makanlah roti ini."Melihat Rasul menawarkan makanan, wanita itu pun tercengang kaget lalu menjawab, "Wahai Rasulllah, saya sedang berpuasa, mana mungkin aku makan makanan ini." Dengan santai Rasulullah saw bersabda, "Telah banyak orang berpuasa, tapi hanya memperoleh rasa lapar dan haus. Mereka tidak memperoleh pahala dari amal puasanya melainkan rasa haus dan lapar karena dirinya tidak bisa mengendalikan jiwanya."


Dari kisah diatas bisa menjadi pelajaran (ibrah) bagi kita dimana kaum Muslimin harus menahan rasa amarah yang timbul dari dirinya. Puasa itu tidak hanya menahan rasa lapar dan haus tetapi juga harus mampu mengendalikan mulut dari perkataan yang kotor dan kasar.


Dijelaskan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Ibnu Khuzaimah, Rasulullah saw bersabda, "Puasa tidak hanya sekedar menahan diri dari makan dan minum, akan tetapi juga menahan dari segala perkataan kasar (marah) dan perbuatan lahan (tidak bermanfaat) serta perbuatan kotor serta merusak. Jika ada orang mencela dan memaki anda, maka katakanlah kepadanya bahwa anda sedang berpuasa." (HR Ibnu Khuzaimah).


Untuk itu mari sama-sama menjaga diri dari hawa amarah, agar ibadah puasa kita tidak berjalan sia-sia, selain menjaga mulut dari berbagai bentuk dosanya ucapan, maka orang berpuasa juga harus mengistirahatkan seluruh anggota badannya untuk berpuasa yakni menjaga diri dari perbuatan dosa dan maksiat. Berpuasa anggota badan ini tidak hanya dikerjakan di bulan Ramadhan, tapi di luar bulan Ramadhan pun harus menjauhi segala dosa-dosa.


Semoga Allah SWT melindungi kita dari perbuatan durhaka dan membimbing kita dalam menjalankan ibadah puasa dan mengisinya dengan amal kebaikan ibadah kepada Allah SWT dengan penuh pengharapan surga dan ingin terhindar dari neraka.


Berita Terkait
    Komentar Anda