Follow Us
Beranda / Politik dan Hukum / Komisi I: Revisi UU ITE Bakal Dibahas Tahun 2016

Komisi I: Revisi UU ITE Bakal Dibahas Tahun 2016

Reporter: AED - BISNIS ACEH
  | Senin, 21 Desember 2015 16:10 WIB

Foto: istimewaFoto: istimewa

Bisnisaceh.com - Revisi Undang-undang nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik akhirnya benar-benar batal dilakukan tahun 2015. Tidak masuk di Program Legislasi Nasional (Prlogenas) 2015, revisi UU ITE kemungkinan akan digelar tahun 2016.


Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar, Tantowi Yahya. Dia bilang,"amandemen (revisi, red) terbatas UU ITE akan kita lakukan di tahun 2016," ucap sang wakil ketua Komisi I DPR melalui pesan singkat kepada CNN Indonesia, Senin (21/12).


Ini bisa diartikan, revisi UU ITE akan dimasukkan ke Prolegnas 2016. Dan bila ingin direvisi, maka dokumen atau naskah revisi UU ITE harus sudah diserahkan ke Baleg DPR.


Sayangnya sampai saat ini, Tantowi mengatakan, naskah tersebut belum diterima oleh Komisi I. Hal ini tentu meleset dari yang diinginkan oleh Menkominfo Rudiantara yang memberikan janji kepada netizen melalui Forum Demokrasi Digital. Salah satunya adalah Damar Juniarto, dari Southeast Asia Freedom of Expression Network (Safenet).


"Revisi UU ITE itu masuk prioritas Prolegnas 2015. Menkominfo dan DPR sudah sepakat bahwa ini akan jadi inisiatif pemerintah.Tapi sampai akhir masa sidang DPR (jumat lalu), pemerintah tak kunjung menyerahkan naskah revisi UU ITE ke Baleg DPR,"


Kekhawatiran Damar terbukti, karena sejak awal Desember 2015 sudah gundah, karena tak juga ada pembahasan revisi UU ITE di rapat Komisi I DPR.


Usut punya usut ternyata mereka juga belum menerima naskahnya oleh pemerintah. Hal tersebut yang melatarbelakangi munculnya cuitan 'hilangnya naskah UU ITE" di Twitter.


Saat itu, Rudiantara menjanjikan akan dikejar untuk selesai tahun ini. "Saya sudah tandatangan administrasi dan naskah revisi UU ITE yang akan dikirim ke DPR," ungkap Rudiantara saat ditemui awak media di Jakarta, Rabu (2/12) lalu.


Chief RA--begitu ia akrab disapa--mengaku sudah rapat antar menteri dengan Menkopolhukam, rapat terbatas kabinet dengan presiden yang khusus membahas UU ITE pada bulan Oktober lalu dan semuanya sudah disepakati. 



sumber: cnnindonesia.com


Berita Terkait
    Komentar Anda